Wagub: Babel Butuh Alat Tambahan Donor Plasma Konvalesen

PANGKALPINANG - Babel sudah memiliki alat untuk melakukan Donor Plasma Konvalesen seperti Alat Apheresis, Plasma Freezer dan Blood Refrigerator. 

Keterangan ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur Kepulauaan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah saat mendapat kesempatan menyampaikan permasalahan dalam Rapat Rutin Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 secara Virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting, Selasa (2/2/2021).

Pihaknya berharap mendapat perhatian oleh pemerintah pusat. Dalam hal penyediaan alat pengukur tensi manual dari alat yang menggunakan sistem digital. Disamping dalam menjaga keutuhan penanganan untuk mempercepat kesembuhan pasien Covid-19, pihaknya mendorong penerapan terapi plasma konvalesen. 

Namun untuk dapat melaksanakan kegiatan Donor Plasma Konvalesen tersebut, dibutuhkan tambahan alat kesehatan diantaranya :
1. Alat kesehatan (alkes) untuk pemeriksaan screening IMLTD metode immunoassay atau NAT.
2. Alkes untuk pemeriksaan titer antibodi netralisasi SARS-COV-2 kuantitatif.
3. Alkes untuk pemeriksaan screening antibody golongan darah.
4. Tempat Tidur Donor, Mikropipet, Plasma Towel, dan Alat Crosmatch.

"Maka PMI Babel berencana akan menjadi penyedia plasma konvalesen yang dimaksud," terang Wagub Abdul Fatah.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono menyatakan, kesiapannya untuk membantu mencarikan solusi.

Sebelumnya, Wamen Dante menerangkan situasi pandemi Covid-19 saat ini serta penanganan yang telah dilakukan melalui vaksinasi. Pihaknya sangat berharap, pemerintah daerah dapat mendukung kelancaran vaksinasi ini yang direncanakan selesai di akhir Februari untuk tahap pertama bagi tenaga medis.

Ikut mendampingi Wagub Abdul Fatah dalam pertemuan ini antara lain, Plt Kepala Dinkes, Kalakhar BPBD Babel dan Direktur  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. (H.C) Ir. Soekarno Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Irnawati
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Lisia Ayu