Tinjau KBM di SMKN 1 Tempilang, Gubernur Ingin Pastikan Guru Siap, Fasilitas Mantap

TEMPILANG - Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, yang ditemurunkan oleh tenaga pendidik untuk menciptakan generasi terbaik. Hal itulah yang menjadi alasan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman begitu peduli dengan dunia keilmuan ini.

Kualitas pendidikan Negeri Serumpun Sebalai pun menjadi perhatian khusus Gubernur Erzaldi, dengan memperhatikan ketersediaan fasilitas, serta kesiapan tenaga pendidik untuk memulai kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) di tengah-tengah Covid-19. 

Dua hal ini pula yang menjadi tujuan orang nomor satu di Babel itu melakukan kunjungan kerja ke dua sekolah di Bangka Barat (Babar), salah satunya ke SMK Negeri 1 Tempilang, Selasa (14/9/21). Ia ingin memastikan semua berjalan lancar, sehingga menciptakan proses KBM yang lebih efektif.

"Kedatangan kami bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi ke sini (Tempilang), untuk melihat persiapan SMA dan SMK di Babel yang sudah menjalankan proses belajar tatap muka. Kami ingin melihat sejauh mana efektivitas dan kemampuan para guru dalam mengakselerasikan proses KBM mereka selama ini," ujar gubernur.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Babel M. Soleh, gubernur meninjau kesiapan sekolah tersebut menghadapi aktivitas sekolah, mulai dari penerapan protokol kesehatan siswa dan guru, pola pengajaran di masa pandemi, hingga sarana dan prasarana sekolah.

"Kondisi sekarang belum termasuk normal, tapi kalau kita menunggu normal, kita tidak maju. Kondisi di Bangka Barat memang saat ini masih di level 3, namun terus berbenah menuju level 2. Oleh karenanya kita memacu para siswa dan tenaga pendidik untuk masuk dan memulai proses KBM sesegera mungkin. Walaupun dengan segala keterbatasan tapi tetap dengan prokes yang ketat," ujarnya.

Gubernur yang akrab disapa Bang ER ini pun ingin memastikan pendidikan di sekolah tersebut ditunjang dengan fasilitas yang memadai sesuai dengan standar ilmu yang ditekuni oleh para siswa. Beberapa catatan telah dikantongi gubernur untuk kemudian dilakukan rehabilitasi maupun pembangunan fisik dalam menunjang kegiatan praktik siswa.

Gubernur juga menyempatkan diri melihat secara langsung para siswa dari tiga jurusan yaitu multimedia, mekanik, dan akuntansi mempraktikkan materi yang diterima. Dari hasil peninjauannya, gubernur merasa bangga terhadap para siswa yang menunjukkan keahlian di bidang masing-masing. 

"Saya senang melihat anak-anak ini. Sekalipun mereka di desa, saya rasa mereka menguasai teknologi. Mereka luar biasa, sekalipun saya bukan guru tapi saya bisa melihat sejauh mana kemampuan mereka. Mereka cepat tanggap dan luar biasa, sekalipun mereka di kabupaten tidak kalah dengan kota," pungkasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rangga
Fotografer: 
Saktio - Umar
Editor: 
Imelda

Berita

23/02/2021 | Dinas Kominfo
103,223 kali dilihat
15/08/2019 | DP3ACSKB
46,824 kali dilihat
17/12/2018 | Dinas Kominfo
35,993 kali dilihat
13/07/2017 | Dinas Kominfo
19,204 kali dilihat
24/08/2016 | Diskominfo Babel
15,306 kali dilihat
06/05/2015 | Dinas Kominfo
11,838 kali dilihat
26/10/2017 | Dinas Kominfo
10,324 kali dilihat