Tim Dokter RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Pemenang Pertama Case Report Forum RESPINA 2021

AIR ANYIR - dr. Liyah Giovanna, Sp.P, dr. Laili Fitrianti, Sp.A, dan dr. Hafiz Arqursoy dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi Pemenang Pertama Case Report Forum The 22th International Meeting On Respiratory Care Indonesia (RESPINA) 2021. 

dr. Hafiz Arqursoy mengatakan dirinya bersama tim mengikuti Forum Ajang Pertemuan Ilmiah Internasional terkait respiratory care (pelayanan kesehatan kedokteran yang berkaitan dengan pernapasan, spesialis paru dan bedah thorax) secara online yang diselenggarakan oleh RESPINA. 

"Pada awalnya dr. Liyah Giovana, Sp.P yang sangat bersemangat mengajak kami untuk bergabung dalam menyelesaikan kasus yang sangat langka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikarenakan alat-alat kesehatan yang terbatas. Kasus yang dimaksud yakni ada anak laki-laki berusia satu (1) tahun yang tertelan jarum pentul milik ibunya. Pasien ini merupakan rujukan dari RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat, setelah ditangani oleh dr. Liyah dibantu tim anestesi, tim IBS (Instalasi Bedah Sentral) dan Dokter Spesialis Anak di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dinyatakan berhasil karena tidak ada komplikasi lainnya," jelasnya saat diwawancara oleh Humas RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Launch Rumah Sakit Umum Daerah Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (7/4/2021).

dr. Hafiz Arqursoy adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta tahun 2011 yang lalu ini adalah putra Bangka Belitung yang lahir di Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat 27 tahun lalu, dari seorang ayah asal Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat dan ibu berasal dari Kota Sungailiat Kabupaten Bangka. 

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa kasus tersebut merupakan kasus emergency (darurat) dan sangatlah tepat diikutkan ke Forum Ajang Pertemuan Ilmiah Internasional yang diselenggarakan oleh RESPINA.

"Setelah kami kirimkan tulisan kami ke Respina, kami mengikuti tahap selanjutnya yakni tahap wawancara menggunakan Bahasa Inggris dan dilakukan secara online. Perjuangan kami tidak sia-sia, kami menjadi Juara I dalam ajang ini. Tulisan kami ini dalam bentuk jurnal dan akan dipublikasikan di Jurnal Internasional, "ungkap dr. Hafiz Arqursoy.

Dengan mengikuti ajang ini, dr. Hafiz Arqursoy mengimbau kepada para dokter yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar selalu bersemangat mengembangkan Ilmu Pengetahuan Kedokteran di mana banyak kasus sulit dapat diselesaikan, sehingga membawa manfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Ke depan saya juga tetap harus mengembangkan ilmu pengetahuan kedokteran dengan sekolah spesialis, selalu ikut lomba ilmiah, temu ilmiah, tetap kompak, solid dan selalu meningkatkan kerjasama tim," ujar dokter muda yang kharismatik ini.

Sementara itu, dr.Liyah Giovanna, Sp.P selaku penggagas Tim Pemenang Case Report Forum The 22th International Meeting On Respiratory Care Indonesia (RESPINA) 2021 mengatakan, kasus yang diangkat ke dalam jurnal tersebut merupakan kasus yang langka. 

"Pada kesempatan itu kami sepakat agar kasus ini juga dapat berkontribusi pada penelitian ilmiah sekaligus membawa nama RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke Forum Nasional sampai ke Internasional," ujarnya.

Lebih jauh lagi, wanita kelahiran 16 Agustus 1978 ini mengatakan proses penyusunan jurnal tersebut, timnya banyak membaca berbagai literatur maupun jurnal pendukung untuk case report ini. Kerja sama dan diskusi merupakan kekuatan tim tersebut. Tidak hanya itu, dukungan teman-teman tim IBS (Instalasi Bedah Sentral), dokter anak, dokter anestesi dan tim lainnya sangat membantu dalam kami menangani kasus dan sampai pada lomba case report forum.

dr.Liyah Giovanna, Sp.P adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, dan melanjutkan pendidikannya dengan sekolah spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 

Dirinya juga memberi semangat kepada rekan se profesi agar selalu berkontribusi dalam kegiatan ilmiah di bidangnya masing-masing.

"Agar ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat sehingga dapat memajukan nama RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baik di kancah nasional maupun Internasional, ”ujar dr. Liyah Giovanna, SP.P.

Selamat untuk dr. Liyah Giovanna, Sp.P bersama tim atas keberhasilannya menjadi Pemenang Pertama Case Report Forum The 22th International Meeting On Respiratory Care Indonesia (RESPINA) 2021, keluarga besar RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat bangga atas prestasi ini, tetaplah bersemangat dan ukirlah prestasi, selalu mengharumkan nama RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mengabdi dan berjasa untuk masyarakat Indonesia, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai dan banggakan ini.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Afriza Farnevi
Fotografer: 
Arya Kamandanu
Editor: 
Imelda

Berita

23/02/2021 | Dinas Kominfo
103,207 kali dilihat
15/08/2019 | DP3ACSKB
46,800 kali dilihat
17/12/2018 | Dinas Kominfo
35,847 kali dilihat
13/07/2017 | Dinas Kominfo
19,038 kali dilihat
06/05/2015 | Dinas Kominfo
11,736 kali dilihat
26/10/2017 | Dinas Kominfo
10,277 kali dilihat
28/01/2020 | Dinas Kesehatan
9,685 kali dilihat