Tak Hanya Pastikan PPKM, Kunjungan Gubernur Ke Belitung Juga Bahas Pelabuhan

TANJUNG PANDAN - Tak hanya memonitoring dan memastikan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di Kabupaten Belitung berjalan dengan baik. 

Kunjungan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Kapolda Babel, Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat dan Danrem 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto juga membahas pelabuhan sebagai objek vital ekonomi masyarakat yang sementara ini ditutup akibat perbaikan.

Pembahasan itu dilakukan Gubernur Erzaldi bersama unsur Forkopimda Babel, Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobi dalam rapat koordinasi terkait penanganan pandemi Covid-19. Setelah sebelmnya rombongan memantau langsung jalannya penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Desa Dukong, Belitung, Selasa (27/7/21). 

Gubernur dalam rapat tersebut mengatakan dengan penutupan sementara pelabuhan karena dalam masa perbaikan, maka otomatis dua kabupaten di Pulau Belitung hanya dilayani oleh satu pelabuhan saja di Tanjungpandan. 

Oleh karenanya Gubernur meminta kepada PT. Pelindo melakukan percepatan perbaikan yang telah bersepakat dengan pihak perusahaan pelayaran. Pengaturan pelayanan pelabuhan juga harus diatur dengan baik karena berdampak pada suplai komoditas dan bahan pokok. Bahkan saat ini ada sebanyak 19 kapal yang sedang bersandar dan melakukan proses bongkar muat. 

Sementara itu saat memantau langsung jalannya penyaluran BST dari Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Dukong, Gubernur Erzaldi megingatkan agar bantuan tersebut dipergunakan secara bijak. Bantuan ini menurut Gubernur adalah sebagai wujud perhatian pemerintah disaat kondisi pandemi Covid-19, yang diharapkan dapat membantu dan meringankan beban masyarakat. 

Dalam kegiatan itu disampaikan secara simbolis oleh Gubernur yaitu Bantuan Presiden (Banpres) berupa Bantuan Langsung Tunai BST (Bantuan Sosial Tunai) untuk yang terbagi dalam dua tahap, sebesar 600.000 rupiah serta bantuan beras PPKM 2021 ukuran 10 kilogram kepada 49 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Dukong, yang disalurkan melalui mitra Perum BULOG, PT. Pos Indonesia dan Bank BRI.

Setelah ditetapkannya Kabupaten Belitung sebagai daerah dengan penerapan PPKM Level 4, masyarakat harus menyadari ada konsekuensi untuk melaksanakan protokol kesehatan dan pembatasan kegiatan masyarakat yang lebih ketat. Namun demikian Gubernur juga meminta kepada masyarakat agar jangan resah terkait situasi pandemi Covid-19 saat ini. 

Menurutnya, masyarakat yang galau dan ketakutan melihat perkembangan Covid-19 di Babel, berimbas dapat menurunkan imunitas tubuh. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan masyarakat tersebut rentan akan terpapar virus corona. 

"Jadi saya minta jangan sampai covid ini membuat kita semua galau, imun turun sehingga mudah terpapar. Lebih buruknya lagi bisa menyebabkan kematian," ujar Gubernur. 

Maka, Ia menekankan kepada masyarakat agar senantiasa menjalankan protokol kesehatan. Khususnya para orang tua agar selalu menjaga para anaknya. Sebab, yang paling rawan terpapar Covid-19 mayoritas dari kalangan anak muda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Bidang IKP Diskominfo
Editor: 
Budi

Berita

23/02/2021 | Dinas Kominfo
103,125 kali dilihat
15/08/2019 | DP3ACSKB
46,652 kali dilihat
17/12/2018 | Dinas Kominfo
33,737 kali dilihat
13/07/2017 | Dinas Kominfo
16,897 kali dilihat
06/05/2015 | Dinas Kominfo
11,340 kali dilihat
26/10/2017 | Dinas Kominfo
9,991 kali dilihat
28/01/2020 | Dinas Kesehatan
9,670 kali dilihat