Seminar Nasional Hasil Penulisan Ilmiah Populer

UPTD Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tanggal 5 Oktober 2021 lalu mengutus wakilnya terkait undangan menjadi pemakalah dalam Seminar Nasional Karya Ilmiah Populer Tahun 2021. Tema yang diangkat dalam seminar adalah “Optimalisasi Promosi Pertanian Melalui Tulisan Ilmiah Populer Mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Modern”, bertempat di Gedung Pustaka Kementerian Pertanian, Jl. Ir. H. Juanda No. 20, Paledang, Kota Bogor.

Pada perhelatan tingkat nasional tersebut, terdapat 51 makalah karya ilmiah popular yang berhasil lolos seleksi oleh tim ahli dari kalangan akademisi, praktisi dan editor majalah pertanian terkemuka. Hal ini cukup membanggakan mengingat peserta yang berpartisipasi tidak hanya dari ASN Dinas Pertanian di wilayah Indonesia saja, namun juga diikuti oleh seluruh insan pertanian termasuk akademisi dan praktisi pertanian  nasional.
Bangka Belitung pada momen tersebut diwakili oleh Abdul Syukur, ST melalui makalahnya yang berjudul “Peran Asam Organik dalam Mendukung Mutu Produk Pertanian”. Dijelaskan pada makalah tersebut, bagaimana peran asam organik yang merupakan produk turunan glukosa menjadi bagian penting dari keseluruhan metabolisme yang dilewati tanaman, serta perkembangan fase hidup tanaman hingga menghasilkan dan dipanen. 
Selain itu, manfaat dari pemenuhan asam organik ini juga dapat menumbuhkan imunitas alami tanaman, memberikan ketahanan terhadap cekaman biotik maupun abiotik, serta memberikan peluang tanaman menjadi lebih sehat secara alami. Hal ini tidak lain karena tanaman sehat akan menghasilkan gizi yang juga sehat bagi manusia. Sehingga, pemenuhan senyawa organik menjadi fundamental baik secara internal maupun eksternal.
Bersama 12 makalah lainnya, makalah ini berhasil mendapat undangan pemaparan karya ilmiah secara luring. Sedangkan 38 makalah lainnya dipaparkan secara daring. Pada pemaparan makalah, diisi juga dengan workshop penulisan dan publikasi karya ilmiah, inovasi dan informasi pertanian. Tujuannya, agar masyarakat dapat secara mudah mengakses perkembangan teknologi pertanian. 
Hadir sebagai pembicara pada seminar tersebut adalah, Prof. M. Syukur, S.P. M.Si selaku akademisi dan penulis aktif dengan ratusan buku tentang teknologi pertanian, dan Subroto AK, MM, CA, CRGP. QIA selaku Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kementerian Pemuda dan Olahraga sekaligus Penulis Aktif Karya Ilmiah pada majalah dan surat kabar nasional. Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc selaku Sekretaris Jendral Kementerian Pertanian yang pada momen tersebut mengamanahkan tentang pentingnya penyebaran informasi keberhasilan dan ketahanan bidang pertanian dalam membangun pondasi pembangunan di era pandemi dan era selanjutnya. 
Hasil karya ilmiah ini kemudian akan dihimpun dan dibukukan sebagai bentuk dokumentasi dan penyebaran informasi pengembangan teknologi pertanian tahun 2021 oleh Pustaka Kementerian Pertanian.

Penulis: 
Abdul Syukur, ST
Sumber: 
Abdul Syukur, ST
Kanal Konten: 

Artikel

18/11/2021 | Pranata Humas Prov. Babel
16/10/2021 | Abdul Syukur, ST
26/04/2021 | Pranata Humas Pemprov Babel dan Mantan Ketua Tim Advokasi Hukum PWI Babel
03/02/2021 | Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
24/04/2015 | Surianto S.Sos
28,247 kali dilihat
24/04/2015 | Surianto S.Sos
19,314 kali dilihat
13/03/2020 | Imelda Ginting
14,811 kali dilihat
24/04/2015 | Surianto S.Sos
9,519 kali dilihat