Sambut Kepulangan Kafilah STQH Nasional, Wagub Fatah : Esok Kita yang Terbaik

PANGKALPINANG - Puluhan kafilah asal Bangka Belitung (Babel), telah menyelesaikan amanah mereka mewakili nama daerah dalam Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI tahun 2021, di Sofifi, Kota Tidore, Maluku Utara.

Dalam perlombaan tingkat nasional itu, Babel berhasil menduduki ranking 11 dari 34 provinsi se-Indonesia. Farel Piransyah menjadi peserta asal Babel dengan prestasi tertinggi yakni juara 2 pada cabang Hafalan Alquran Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra. 

Dua orang lainnya yang berhasil menorehkan tinta prestasi di STQH Nasional yaitu Mut Mainnah yang berhasil meraih Harapan 1 cabang Hadits Nabi 500 Tanpa Sanad Putri, sedangkan Amira Pratiwi memperoleh Peringkat 7 cabang Hafalan Alquran Golongan 5 Juz dan Tilawah Putri.

Kepulangan 47 kafilah beserta pelatih, dan _official_ini disambut Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, di Gedung Mahligai dalam acara sambutan dan ramah tamah, Minggu (24/10/21).

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah memberikan apresiasi atas partisipasi para kafilah yang telah membawa nama baik Babel dalam perlombaan keagamaan di kancah nasional. Ia memberikan motivasi kepada kafilah yang telah berjuang selama berkompetisi di tanah Sofifi.

"Arah tujuan kita dalam kompetisi memang ingin sebagai pemenang. Walaupun tidak, kita syukuri ada peserta kita pada tataran kedua. Mungkin kita sudah baik, bagus, tapi ada yang lebih baik dari kita. Kita harus berusaha, ikhtiar sampai mendapat hasil sesuai harapan kita semua," ujarnya.

Untuk itu, menurut Wagub Abdul Fatah capaian kafilah tetaplah menjadi sebuah prestasi yang patut diberikan apresiasi, terlebih secara peringkat, Babel mengalami peningkatan dibandingkan STQH Nasional tahun lalu yang berada pada ranking 15 namun saat ini berhasil meraih ranking 11 besar. Capaian itu, merupakan buah kerja keras, dan kekompakan semua elemen di dalamnya.

"Kita tidak akan berhenti di sini melahirkan kader untuk seleksi SQTH di tahun selanjutnya. Saya rasa dengan bergandengan tangan, hari ini kita mungkin kedua, tapi esok kita bisa lebih baik, jadi yang terbaik. Apa yang kita lakukan semoga mendapat rida Allah Swt," ungkapnya.

"Tentu Pemprov Babel berterima kasih kepada Kementerian Agama yang aktif mengikuti, kemudian memikirkan hal-hal untuk dikuatkan kembali. Mudah-mudahan pembinaan terus berlangsung, senantiasa mempersiapkan diri seperti dalam _event_ seperti ini. Kita maju ke depan, dan mampu menang," pungkas Wagub Fatah.

Sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang dipersembahkan oleh para kafilah Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyerahkan hadiah umrah dan uang pembinaan bagi Faref Piransyah, dan masing-masing 1 unit laptop kepada Mut Mainnah dan Amira Pratiwi, sedangkan kafilah lainnya menerima program beasiswa dari Baznas Pusat.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Babel, Kepala Kanwil Kemenag Babel, Kepala Biro Kesra Babel, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Babel, dan Badan Amil Zakat (Baznas) Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rangga
Fotografer: 
Umar
Editor: 
Imelda