Pramuka adalah Alat Pendidikan Pencetak Generasi Penerus yang Unggul

AIR GEGAS - Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi menyatakan bahwa pramuka adalah alat pendidikan yang bisa mendidik anak generasi bangsa menjadi anak-anak yang bisa diharapkan, unggul, tangguh, cakap, memiliki sopan santun, taat aturan dan senantiasa bertakwa kepada Allah Swt.

Demikian disampaikan Kakwarda Babel, Melati Erzaldi saat melantik dan mengukuhkan Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Bangka Selatan masa bhakti 2021-2026 beserta pengurus, di Pondok Modern Daarul Istiqomah, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Senin (6/9/21).

Pernyataan itu juga disampaikan Kakwarda Melati Erzaldi setelah melihat video viral di masyarakat, mengenai seorang anak muda yang bersikap atau berperilaku tidak sopan beberapa waktu lalu.

"Saya merasa ini menjadi PR kita bersama, bahwa degradasi dan krisis moral sudah tidak main-main lagi. Bagaimana caranya? Pramuka adalah alat pendidikan yang bisa mendidik anak generasi bangsa menjadi anak-anak yang bisa diharapkan, unggul, tangguh, cakap, sopan santun, taat aturan dan bertakwa kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa" ungkapnya.

Senada dengan Kamabicab Basel, Kakwarda Babel Melati Erzaldi juga sepakat bahwa tantangan ke depan sangatlah luar biasa besar. Ini juga berlaku bagi para anggota pramuka yang akan menjadi penerus generasi. Oleh sebab itu pihaknya mengharapkan penuh kepada gerakan pramuka yang membentuk karakter para anggotanya. Kakwarda yakin dengan kepengurusan Kwartir Cabang Bangka Selatan menjadi yang terdepan dan pantang surut mengukir prestasi, hal itu akan terwujud.

Kakwarda juga berharap Gerakan Pramuka Bangka Selatan dapat mengatasi permasalahan lainnya yaitu Pernikahan Usia Anak. Dengan Gerakan Pramuka diyakini akan dapat mengakomodir untuk mengatasi masalah itu.

Sebagai pandu yang menjadi panutan dan penunjuk arah, Pramuka juga harus menjadi contoh pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, karena Pramuka adalah merupakan bagian dari satuan petugas (satgas) peduli Covid-19.

Kakwarda juga memyampaikan apresiasinya kepada Kwartir Cabang Bangka Selatan yang saat ini telah mencetak 57 Anggota Pramuka Garuda. Diharapkan di Kwartir Cabang ini dapat terus menciptakan Pramuka Garuda yang menjadi misi Kwarda Babel saat ini yaitu 100 Pramuka Garuda di setiap Kwartir Cabang.

Kakwarda juga mengapresiasi penampilan adik-adik anggota pramuka dari Pondok Modern Daarul Istiqomah, yang menunjukkan atraksi berbagai kecakapan sebagai Anggota Pramuka yang ditampilkan dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Sementara itu usai dilantik, Kamabicab Bangka Selatan Riza Herdavid selanjutnya melantik Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Bangka Selatan masa bhakti 2021-2026, yang merupakan istrinya, Elizia beserta pengurus.

Kamabicab Bangka Selatan, Riza Herdavid dalam sambutannya  menyampaikan, tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks. Sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak salah satu didalamnya adalah peran gerakan pramuka.

Di samping itu tujuan mulia kepramukaan untuk membentuk kepribadian beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti.

Perlu upaya meningkatkan inovasi kegiatan dan pemberdayaan Kwartir Cabang yakni sistematis terencana dan berkelanjutan. Dengan pelantikan ini merupakan upaya untuk memantapkan organisasi sistem manajemen dan sumberdaya yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan dengan meningkatkan ketrampilan para pembina sebagai ujung tombak kepramukaan khususnya di Kwartir Ranting.

Dirinya juga sengaja mengajak Kepala Desa di seluruh Kecamatan Air Gegas agar ikut serta. Karena ini menjadi modal utama untuk gerakan pramuka dan geliat pembangunan. Oleh karenanya dirinya juga mengajak seluruh Kepala Desa untuk menjadi pengurus di Kwartir Ranting.

Usai pelantikan dan pengukuhan, Kakwarda Babel, Melati Erzaldi bersama Kamabicab dan Kakwarcab Basel meresmikan Balai Latihan Kerja Komunitas Pondok Modern Daarul Istiqomah dan meninjau stand kerajinan para santri.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Imelda