Melati Erzaldi Bagikan Tips Keberhasilan ‘Emban Amanah’ sebagai Ketua TP PKK, Ketua Dekranasda dan Bunda PAUD

MANGGAR - Kunci keberhasilan dalam rangka mengemban amanah sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Ketua Dekranasda, dan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab adalah dengan menjadikan diri sebagai perempuan teladan, sebagai sosok perempuan panutan, dan sebagai sosok Bunda PAUD yang lembut dan tegas.

Demikian tips yang dibagikan Bunda Melati Erzaldi saat melantik Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda serta mengukuhkan Bunda PAUD Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Purwenda Puspitasari di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Rabu (17/3/2021). 

Diterangkannya, menjadikan diri sebagai perempuan teladan, adalah perempuan yang dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi kaum perempuan lain untuk maju dan berkarya. Kemudian, sebagai sosok perempuan panutan, artinya dalam keadaan dan kondisi apapun dapat menjaga suasana hati agar terus tersenyum, karena menurutnya senyuman merupakan sedekah yang akan mendatangkan kebahagiaan. 

Sedangkan sebagai sosok Bunda PAUD yang lembut dan tegas, mengajarkan arti kasih sayang kepada anak sejak usia dini dan menanamkan nilai-nilai yang jelas antara nilai kebenaran dan nilai  kebatilan, sehingga anak bisa tumbuh menjadi generasi penerus dan pelurus bangsa. 

Sebagai langkah awal yang harus dilaksanakan setelah pelantikan dan pengukuhan ini, Ketua TP PKK Melati menghimbau agar Ketua TP PKK/Ketua Dekranasda/Bunda PAUD Beltim untuk segera merekrut anggota dan membentuk tim dan kepengurusan. 

"Buat struktur organisasi yang sehat dan berkualitas, pilihlah orang-orang yang betul-betul memiliki kompetensi dan semangat kuat, dan bekerja dari hati untuk membantu kita mewujudkan program yang sudah direncanakan. Anggota dan kader yang telah lama mengabdi dan berpengalaman, bisa dijadikan rekomendasi agar keberlanjutan program dapat terus direalisasikan," himbaunya. 


Pada ujung sambutannya Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi mengucapkan selamat bekerja dan mengemban amanah kepada Ketua TP PKK/Ketua Dekranasda/Bunda PAUD Kabupaten Beltim. 

"Jadilah agen perubahan dan mitra terbaik pemerintah untuk memajukan daerah Satu Hati Bangun Negeri, serta ikut andil, dan berperan aktif merealisasikan visi dan misi dari Bupati serta Wakil Bupati Belitung Timur yang sudah terpilih," ungkapnya. 

Ketua TP PKK Babel juga terus mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program pemerintah, yaitu menggampanyekan protokol kesehatan dengan gerakan 5 M, kampanye ‘Bangga Buatan Indonesia’, dan advokasi untuk mewujudkan program pengembangan anak usia dini. 

Terkait apa yang disampaikan oleh Bupati Belitung Timur terkait limbah masker, dirinya berpesan agar setelah dipakai, masker harus langsung dirobek, digunting atau dirusak sebelum dibuang. Hal ini akan digalakkan TP PKK maupun Dekranasda dan PAUD untuk turun bersama kampanyekan dan sosialisasi. 

Sementara itu Bupati Belitung Timur, Burhanudin dalam sambutannya menyampaikan peran PKK sangat dibutuhkan dalam mewujudkan program pembangunan dengan mengajak masyarakat untuk, meningkatkan etos kerja, kebersamaan, dan profesionalisme. Ketua TP PKK, Ketua Dekranasda, dan Bunda PAUD juga diharapkan dapat memberikan peran dalam mengantisipasi dan penanganan Covid-19. 

Bupati Beltim pada kesempatan tersebut juga mengucapkan terimakasih kepada Bunda Melati Erzaldi atas pelantikan dan pengukuhan serta koordinasi dan soliditas ke depan. Dilanjutkan dengan pemberian Buku Profil Perkembangan PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Bunda PAUS Belitung Timur, Purwenda Puspitasari.

Ikut menyaksikan dalam Pelantikan Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda serta Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Belitung Timur ini yakni, Wakil Ketua TP PKK Babel, Laksmi Abdul Fatah; Wakil Bupati, Khairil Anwar; Forkopimda Belitung Timur; Asisten sekaligus Kepala DPMD Babel, Yulizar Adnan; Anggota dan Pengurus TP PKK/Dekranasda/Pokja Bunda PAUD Babel, serta masyarakat Belitung Timur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Rafiq
Editor: 
Natasya