Jajal Kuliner Belitung, Menparekraf Berpesan Pelaku Usaha Harus Aktif Berpromosi

TANJUNG PANDAN - Banyak kuliner yang sudah dijajal Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno pada kunjungannya, sejak Jumat hingga Minggu (5-7/2/2021), di Pulau Belitung. Dirinya berpesan kepada semua pelaku usaha termasuk organisasi pengusaha untuk lebih aktif melakukan promosi usaha. 

"Apapun produknya, harus dikemas, dengan memanfaatkan Sistem Blast sebagai strategi pemasarannya agar produk kita terus dikenal," tegasnya.

Selain keindahan alam yang luar biasa, diakui Menteri Sandi bahwa Belitung miliki segudang kreativitas lain yang dapat mendukung pariwisata dan tentunya dampak ekonominya. Seperti kuliner dengan cita rasa yang tetap menjunjung kearifan lokal. Berbagai hidangan khas Babel sempat dicicipi menteri yang kerap disapa Bang Sandi ini.

"Saya sudah mencoba di Restoran Tempo Doeloe Belitung, yaitu ikan bebulus dengan sajian makan bedulang dan banyak sekali saya temukan kuliner-kuliner yang berpotensi menjadi keunggulan," ungkapnya. 

Di hari pertama tiba di Kota Tanjung Pandan, dirinya sudah terkesan saat berkunjung ke Warung Kopi Ake. Tidak hanya mencicipi  Kopi yang cukup legendaris di warung ini, tetapi dirinya juga mencicipi nasi berbungkus Daun Simpor yang disebut masyarakat lokal sebagai nasi gemuk. 

Nasi gemuk disajikan dengan ikan bebulus goreng dan kuah santan yang biasa disajikan untuk santap pagi. Nasi ayam tim dan es cincau juga menjadi sajian pagi Jumat yang dicicipi oleh Bang Sandi di kota yang terkenal dengan Batu Satam ini.

"Ini nasi gemuk yang tidak akan membuat kita tidak gemuk. Kuatnya branding kopi Belitung memang pantas untuk mendunia," pujinya. 

Melati Erzaldi yang turut mendampingi suaminya, Gubernur Erzaldi saat mendampingi kedatangan Menteri Sandi di Pulau Belitung pun menyatakan ketertarikannya akan pesona kuliner Belitung. 

Dirinya beserta rombongan berkunjung ke tempat nongkrongnya anak muda dari pagi hingga malam yang terletak di titik nol kilometer pusat Kota Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung yang menyajikan pemandangan ikon Kota Belitung,Tugu Batu Satam. 

Melati Erzaldi yang juga sebagai Ketua Dekranasda Babel ini selalu fokus dan memberi dukungan kepada pelaku UMKM di Babel. Untuk itu, dirinya menyempatkan mereview kopi susu dan nasi gemuk khas Belitung melalui media sosial miliknya.

Tak lupa, dirinya juga selalu mengimbau untuk menerapkan protokol kesehatan bagi masyarakat, para pelaku UMKM dan para wisatawan yang hendak berkunjung ke daerah wisata, agar terhindar dari Covid-19.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona dp
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Lisia Ayu