Gubernur : Penangkar Bibit Lada Harus Jalankan SOP

Pelempang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman melakukan kunjungan bersama rombongan ke Balai Benih Dinas Pertanian pada Hari Senin (11/02). Hal ini dilakukan guna memberi arahan kepada para ASN Dinas Pertanian agar melakukan persiapan pada tahun anggaran 2020, sehingga bersinkronisasi dengan RPJMD Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur menyampaikan target pemerintah di tahun 2022, dan juga mengenai penyaluran bibit lada yang harus disalurkan oleh pemerintah provinsi ke petani pada tahun 2019 hingga 2022.

“Tahun 2022 pemerintah provinsi memiliki target untuk menjual bibit lada kepada provinsi lain. Maka ini sudah harus tercantum didalam penganggaran di tahun 2020, karena ini juga berkaitan langsung dengan RPJMD,” jelas Gubernur.

Gubernur berharap dengan hadirnya Balai Benih, dapat memenuhi berbagai kebutuhan akan pengetahuan mengenai pertanian dan juga sebagai pengembangan Science Techno Park (STP). Dimana untuk kedepannya apabila program STP berjalan lancar, maka dapat menjadi pengembangan kemampuan sumber daya manusia para ASN.

Dalam kegiatan ini, para penangkar bibit Lada juga dikumpulkan oleh Gubernur dan diberikan arahan agar menangkar di Balai Benih Pertanian yang bertujuan untuk pendidikan. Ia pun berharap para penangkar dapat mengikuti dan menjalankan prosedur sesuai SOP yang diawasi langsung oleh Profesor Bambang selaku konsultan pembibitan lada.

“Sehingga apabila menurut pengawas sudah yakin bahwa para penangkar sudah mampu menjalankan SOP dengan aman dan baik, maka baru akan dilepas. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya hasil pembibitan yang tidak bagus,” terang Gubernur.

Lebih jauh, mengenai bantuan sapi bali dan sapi brahma, Gubernur menekankan agar anakan-anakan yang dihasilkan oleh Balai Benih Pertanian pada tahun 2020 sudah harus dapat disalurkan kepada masyarakat dengan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Fitra