Gubernur Erzaldi : Sinergitas dan Harmonisasi TNI/Polri Kekuatan Bagi Bangka Belitung

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, mengagumi sinergitas yang ditunjukkan TNI/Polri bersama Pemerintah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya. Hubungan tersebut sangatlah harmoni dan tiada duanya. 

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Erzaldi dalam sambutannya saat menghadiri acara syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76, di Ruang Pertemuan Makorem 045/Garuda Jaya (Gaya), Selasa (5/10/21). 

Gubernur menambahkan, di tengah peringatan HUT TNI ke-76 ini, semakin nampak sinergitas dan konsolidasi yang luar biasa itu. Hal itu ditunjukkan dengan surprise yang dilakukan oleh Polda Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin oleh Wakalpolda, Brigjen Pol. Umar Dani yang mengenakan pakaian TNI, dan memberikan kue ulang tahun kepada Komandan Korem 045/Gaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto di awal acara. 

"Saya rasa harmonisasi yang ditunjukkan hadir dari hati kita paling dalam. Hal-hal semacam ini tentunya adalah sebuah kekuatan dan aset berharga Bangka Belitung. Saya berharap kekompakan seperti ini terus dapat terjalin sampai dengan akhir hayat," ungkap Gubernur Erzaldi. 


Menurut gubernur, keharmonisan dan solidaritas ini adalah sebuah kebutuhan. Karena, dengan kekuatan dan kebersamaan ini menurut gubernur, semua dapat menyelesaiakan sesuatu yang menjadi kewajiban. Ia pun berharap harmonisasi ini menjadi kekuatan dalam menjaga kedaulatan NKRI, dan keharmonian di Babel. 

"Terlebih dengan kehadiran TNI/Polri di tengah-tengah masyarakat dan di saat kita melawan pandemi Covid-19 ini, serta menjawab tantangan lain termasuk melawan ancaman dan menjaga kedaulatan NKRI," tegasnya. 

Melalui momentum peringatan HUT ini, Gubernur Erzaldi juga berharap TNI dapat meningkatkan profesionalisme dengan tidak saja memperkuat alutista, tetapi juga meningkatkan kinerja yang berkeadilan sosial, hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan rasa ketenangan dan keamanan. 

Gubernur juga mengingatkan, meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Babel adalah suatu keberkahan. Tetapi, keberkahan ini harus dijaga jangan sampai lepas. Jika hal itu terjadi akan merusak kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. 

"Kalau kita tidak bisa mendorong masyarakat untuk memanfaatkan keberhasilan ini, maka akan menjadi sia-sia upaya dan usaha memberikan kesejahteraan bagi masyarakat", terangnya. 

Hal ini perlu dirinya sampaikan karena dengan terpuruknya ekonomi, maka akan mengakibatkan terjadinya peningkatan kejahatan dan keamanan negarapun akan terancam. 

Sebelumnya, Komandan Korem 045/Gaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto dalam sambutannya memgucapkan terima kasih atas kerja sama semua stakeholder selama ini. 

HUT TNI ke-76 adalah sebagai sarana instropeksi tentang apa yang telah diperbuat, khususnya kepada masyarakat Babel selama ini. Tanpa rasa kebersamaan dan bergotong royong, pihaknya yakin tidak dapat melaksanakan tugas TNI dalam mengawal pertahanan dan keamananan, terkhusus menangani Pandemi Covid-19. 

Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Anggota TNI, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara atas pengabdian selama ini. Gubernur pun berkesempatan memberikan tumpeng kepada salah satu Anggota TNI dari Korem 045/Gaya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Rangga