Gubernur Ajak Perantau Asal Babel Promosikan Pariwisata Daerah

JAMBI - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengajak masyarakat Babel yang tersebar diseluruh pelosok nusantara untuk mempromosikan beragam potensi yang ada di Bumi Serumpun Sebalai. Salah satunya dengan mempromosikan pariwisata daerah. 

"Mari kita ajak masyarakat Jambi datang ke Babel untuk berwisata, sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian, serta mengangkat harkat dan martabat masyarakat Babel," ungkap Gubernur saat memberikan sambutan pada acara silaturrahmi Forum Silaturrahmi Keluarga Babel di Provinsi Jambi yang berlangsung di EV Garden Kota Jambi, Sabtu (04/21/21). 

Sehingga, dalam kesempatan tersebut Gubernur mendukung inisiasi perantau asal Babel yang berada di Provinsi Jambi dalam membentuk komunitas Ikatan Keluarga Masyarakat Bangka Belitung (IKAMBA), seperti yang sudah banyak dilakukan perantau asal Babel di provinsi lainnya, yang mana bertujuan sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi sesama masyarakat Babel yang ada di perantauan. 

"Karena dalam menjalin silaturrahmi ini banyak manfaatnya, bisa mendatangkan rezeki, kesehatan, dan yang terpenting melalui kegiatan ini bisa saling membantu," ujar Gubernur.

Kepada pengurus IKAMBA di Jambi, pria yang akrab disapa Bang ER ini berpesan untuk segera mendirikan kantor sekretariat, agar komunitas ini bisa memberikan manfaat sesama masyarakat, disamping sebagai sarana mempromosikan pariwisata dan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Babel.

"kalau bisa, tersedia juga penginapan, sehingga bisa membantu masyarakat, karena daerah ini merupakan jalur lintas. Disamping itu, sekretariat ini juga dapat dijadikan tempat memasarkan hasil produk UMKM Babel, sekaligus tempat mempromosikan Babel sebagai daerah wisata," tuturnya. 

Bang ER mengungkapkan akan berkunjung kembali ke Provinsi Jambi untuk memenuhi undang Gubernur Jambi pada acara Hari Jadi Provinsi Jambi tanggal 5 januari 2022 mendatang. Sekaligus mengukuhkan Ketua IKAMBA Jambi, yang saat ini bernama Forum Silaturrahmi Keluarga Masyarakat Babel (FORSIKAB).

Ketua FORSIKAB Jambi Dedi Supianto dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Erzaldi yang bersedia meluangkan waktunya disela-sela agendanya yang padat untuk menghadiri kegiatan ini. Kehadiran orang nomor satu di Babel itu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Babel yang ada di Jambi. 

"Masyarakat Babel disini tersebar diseluruh Kabupaten/Kota dengan bermacam suku, ras, dan agama. Kami disini menggeluti profesi yang berbeda-beda, ada yang bekerja di pemerintahan, berwirausaha, berdagang, buruh harian, dan lain-lain," jelasnya.

Dijelaskannya juga, bahwa banyak juga masyarakat Babel di Jambi ini yang berprestasi, seperti Atun asal Sinar Baru Sungailiat yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat dibidang UMKM, serta beberapa masyarakat Babel lainnya yang memegang peranan penting di Jambi. 

"Hubungan masyarakat Babel dengan masyarakat Jambi sangat baik sekali, kami disini berusaha memberikan contoh yang terbaik bagi masyarakat Jambi," ungkapnya.

Sementara itu, Lisna Simatupang selaku ketua panitia mengatakan bahwa dirinya sangat mengenal Gubernur Erzaldi, karena orang nomor satu di Babel itu merupakan teman sekelasnya di SMA negeri 2 Pangkalpinang. Menurutnya, sosok jiwa kepemimpinan Bang ER sudah terlihat sejak di jenjang SMA, sehingga ia didapuk sebagai ketua OSIS. 

"Jiwa kepemimpinannya sudah terlihat sejak SMA, dari SMA dia sudah disiplin, sekolah tidak pernah terlambat. Masyarakat babel harus berbangga hati, memiliki Gubernur Erzaldi, bisa menjadi contoh yang baik buat kita," tutup Lisna. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan
Fotografer: 
Fajar
Editor: 
Budi