Film Martabak Bangka, Potret Keindahan Wisata dan Toleransi yang Tinggi di Pulau Bangka

PANGKALPINANG - Salah satu kuliner khas Pulau Bangka, yakni Martabak Bangka diangkat sebagai judul film bioskop. 

Seperti namanya, film Martabak Bangka tak hanya mengangkat kuliner khas, tapi keindahan alam dan beberapa daya tarik wisata di Pulau Bangka. Film ini juga menyuguhkan bagaimana kearifan masyarakat Bangka tentang  toleransi dan tenggang rasa yang tinggi dalam berkehidupan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai mengatakan bahwa kehadiran film Martabak Bangka dapat semakin mengangkat nama Bangka Belitung, khususnya kepariwisataan.

“Saya senang sekali bahwa putera daerah kita masih sangat peduli dengan kekayaan alam kita yang luar biasa dan melalui film ini yang menampilkan sejumlah daya tarik wisata di Pulau Bangka, akan semakin mengangkat nama Bangka Belitung, khususnya dari sisi pariwisata,” kata Rivai usai rapat persiapan peluncuran film Martabak Bangka, di kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, Kamis (18/4/2019).

Senada hal tersebut, Arbi Leo selaku produser eksekutif juga mengatakan bahwa kepeduliannya untuk ikut mempromosikan pariwisata daerahnya menjadi salah satu alasan untuk ikut ambil bagian dalam pembuatan film ini.

“Saya tertarik membuat film Martabak Bangka, karena selain isi cerita filmnya sangat bagus dan menarik, sebagai putra daerah saya terpanggil untuk mempromosikan kampung halaman kita (Pulau Bangka), bahwa Bangka layak untuk dikunjungi wisatawan karena memiliki keindahan alam yang luar biasa,” kata Arbi.

Arbi menjelaskan sejumlah daya taruk wisata yang ditampilkan dalam film bukan lah tanpa alasan.

“Dalam film ini ada beberapa tempat wisata. Ada Pantai Indah Batu Bedaun, Jembatan Emas, Danau Kaolin, Kampung Gedong, dan masih ada beberapa lagi. Ini menjadi momen yang sangat berharga bagi kita untuk mempromosikan pariwisata Bangka Belitung, khususnya di Pulau Bangka,” jelas pria kelahiran Sungailiat, Bangka ini. 

Film Martabak Bangka menceritakan tentang kearifan masyarakat Bangka yang memiliki toleransi dan tenggang rasa yang tinggi dalam berkehidupan. Peluncurannya yang diberi tema “Manisnya Bangka Belitung” direncanakan digelar 25-28 April 2019, di Street Gallery, Pondok Indah Mall 2, lantai 2, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Peluncuran film Martabak Bangka yang juga menjadi momen mempromosikan pariwisata Bangka Belitung ini juga akan diramaikan dengan pameran. Ada 8 stan pameran yang akan diisi oleh sejumlah OPD, BUMN, dan pelaku UMKM terkait.

Selain pameran, peluncuran film juga akan dimeriahkan oleh penampilan musik dan tarian khas daerah Bangka Belitung, dilanjutkan dengan pemutaran perdana film Martabak Bangka, diakhiri dengan press conference.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif
Editor: 
Mamaq