Pj Gubernur Suganda Ajak TNI-Polri Netral, Sukseskan Pemilu 2024.

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu berkesempatan menyampaikan amanat pada kegiatan Apel Olahraga Bersama dalam rangka Memperkuat Sinergi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kep. Babel, di Markas Komando Resimen Militer 045 Garuda Jaya (045/Gaya), Jumat (26/05/2023) Pagi. 

Apel yang diawali dengan bersepeda santai bersama forkopimda tersebut diungkap Pj Gubernur sebagai kesempatan yang baik untuk memperkuat sinergi antar unsur forkopimda, dalam kesempatan yang baik itu pula dirinya mengajak kepada TNI-Polri serta Apartur Sipil Negara (ASN) termasuk instansi vertikal di lingkungan Provinsi Kep. Babel, untuk mensukseskan jalannya pemilu 2024 serta bersikap netral dalam pelaksanaannya. 

"Sebentar lagi kita akan memasuki pelaksanaan pemilu serentak, kemarin kita sudah menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dan juga naskah hibah Pemerintah Daerah kepada Bawaslu, artinya kita Pemerintah Provinsi bersama TNI-Polri dan Unsur Forkopimda lainnya siap mensukseskan pemilihan umum. Untuk itu, mari kita patuh pada aturan dan harus dalam posisi netral, sudah jelas secara aturan bahwa TNI-Polri serta ASN harus dalam posisi netral," tegasnya. 

Melanjutkan amanatnya, Pj Gubernur menyampaikan bahwa, kegiatan olahraga bersama yang dilaksanakan inipun menjadi cerminan bahwa Pemerintah Provinsi bersama TNI-Polri dan unsur Forkopimda lainnya siap bersinergi dalam berbagai hal, termasuk mensukseskan pemilu. 

Saat ditanyai tentang kesiapan menyukseskan pemilu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Babel Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Yan Sultra mengungkap untuk menyukseskan pemilu dirinya akan menurunkan 2/3 kekuatan yang ada guna memastikan keamanan pelaksanaan pemilu mendatang. 

"Kita saat ini masih terus berkoordinasi dengan KPU, berapa jumlah TPS yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, dari sanalah kita bisa memperhitungkan personil yang siap diturunkan untuk mengawal dan mengamankan jalannya pemilu, yang jelas kita mempersiapkan 2/3 kekuatan untuk diturunkan," ungkapnya. 

Kegiatan olahraga bersama unsur Forkopimda ini diinisiasi oleh Komandan Korem (Danrem) 045/Gaya Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Agustinus Dedy Prasetyo sebagai kegiatan yang diharapkan akan berkesinambungan, dengan berbagai cabang olahraga yang di adakan seperti bersepeda, jalan santai, senam, futsal, tenis meja, dll dengan tujuan menjalin kekompakan tiap unsur aparat demi menjaga sinergi forkopimda. 

"Kegiatan ini akan kita laksanakan berkesinambungan, secara bergantian mungkin nanti penyelenggaranya Polda, atau Pemda, yang jelas olahraga bersama ini untuk membangun dan menjaga kekompakan, kalau semua kompak aparat kompak, masyarakat kompak, Bangka Belitung akan aman," pungkasnya. 

Penulis : Kris
Sumber : Dinas Kominfo
Editor : Natasya
Fotografer : Jo Fandi
Dibaca : 9.630 Kali