Wagub Pimpin Rapat Persiapan Survei Kawasan Geo Park dan Marine Park Di Pulau Bangka

Pangkalpinang – Dalam rangka pengembangan pariwisata khususnya di Pulau Bangka, Bappeda serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari Senin (13/11/2017) mengadakan rapat persiapan pelaksanaan survey awal kawasan wisata geo park dan marine park untuk wilayah Pulau Bangka. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah. Turut hadir adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta perwakilan dari Dinas pariwisata Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan serta perwakilan dari Universitas Bangka Belitung, masyarakat pecinta alam (MARASPALA) Bangka belitung.

Dalam rapat tersebut, Wakil Gubernur mengungkapkan apresiasi dan dukungan atas kegiatan survey kawasan wisata geo park dan marine park sebagai satu strategi dalam pengembangan pariwisata khususnya di pulau bangka. Sebelumnya survey tersebut terlebih dahulu dilaksanakan di Pulau Belitung.

“Belitung sudah memiliki kawasan geopark sehingga masyarakat luas mengetahui Pulau Belitung sebagai daerah pariwisata, tentunya ini juga perlu didorong untuk Pulau Bangka ” ungkap Wagub. Adapun pengembangan kawasan pariwisata di wilayah Kepulauan Bangka Belitung, sejalan dengan rencana pariwisata nasional dan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Bangka Belitung yang tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 7 Tahun 2016.

Survey kawasan geo park dan marine park Pulau Bangka akan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten serta tim peneliti geo park dari yayasan Tim ITB 81 yang sebelumnya telah melakukan penelitian dan merekomendasikan Pulau Belitung sebagai kawasan geo park. Direncanakan pada tanggal 26 November 2017 Pulau Belitung akan ditetapkan sebagai kawasan geopark nasional.  

Adapun pelaksanaan kegiatan survey awal yang direncanakan berlangsung dari tanggal 15 s.d 16 November 2017 dengan fokus wilayah yang akan ditinjau mencakup untuk survey kawasan marine park di Selat Gaspar. Survey tersebut  dengan melakukan peninjauan ke Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Gersik, Selat Nasik, Pulau Kelapan dan Pulau Gelasa. Sedangkan untuk penelitian kawasan geo park difokuskan di daerah Tengkalat yang terletak di wilayah Utara Pulau Bangka.

Selain melibatkan pemerintah provinsi dan kabupaten serta tim peneliti geo park dari yayasan Tim ITB 81, dalam pelaksanaan kegiatan survey juga akan diikuti dari unsur perwakilan dari civitas UBB dan masyarakat pecinta alam (MARASPALA) Bangka belitung.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
stevani
Fotografer: 
stevani