Kue Tulang Gabus dan Bergo Ubi Ungu Curi Perharian Juri Lomba Masak Ikan Nasional

Jakarta - Olahan kue tulang gabus dan bergo ubi ungu hasil kreasi tim penggerak PKK Kabupaten Bangka berhasil mencuri perhatian juri Lomba Masak Ikan tingkat Nasional ke-16 yang digelar di Jakarta Convention Center, Jumat (07/12/2018). 

Dari tiga kategori yang dilombakan pada lomba masak ikan tingkat nasional, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka yang mewakili Provinsi Babel berhasil mendapat juara harapan I pada kategori menu balita  dengan menu kue tulang gabus dan juara harapan I untuk menu kudapan yaitu olahan bergo ubi ungu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Dasminto menyampaikan apresiasinya kepada tim penggerak PKK yang sudah berupaya maksimal dalam menampilkan yang terbaik.

 "Alhamdulillah meskipun belum berhasil mendapat juara umum, partisipasi Babel dalam lomba masak ikan tahun ini mendapat penghargaan, kami melihat seluruh tim sudah berupaya maksimal menampilkan yang terbaik," ungkap Dasminto.

Ia juga meminta segenap tim PKK yang ada di kabupaten dan kota untuk meningkatkan wawasan dan inovasi dalam menciptakan menu menu olahan ikan. "Kalau tahun ini kue tulang gabus dan bergo ubi ungu bisa menarik perhatian juri tahun depan kita cari lagi  menu menu yang lebih inovatif dan penuh gizi dari olahan ikan," tambah Dasminto.

"Babel kaya akan potensi kuliner, untuk itu teruslah membuka wawasan, berinovasi lagi semoga tahun depan kita bisa memperoleh hasil yang lebih baik lagi," tutup Dasminto. 

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpartisipasi dalam lomba masak ikan tingkat nasional yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta Convention Center dengan menampilkan tiga sajian dengan tiga kategori menu yaitu menu keluarga dengan sajian Tabur Kucai Bandeng Nanas.

Untuk kategori menu balita sajian yang ditampilkan adalah kue tulang gabus yang berasal dari olahan daging ikan gabus dan tulang gabus, serta menu kudapan yaitu bergo ubi ungu yang merupakan olahan ikan tenggiri dengan bergo yang berasal dari olahan ubi ungu.

Selain partisipasi dalam lomba masak ikan nasional, Provinsi Bangka Belitung juga mengikuti kegiatan Pameran Indonesia Seafood Expo (ISE) yang digelar dalam rangkaian Forum Ikan Nasional (Forkannas) ke-5, sejumlah produk UKM olahan ikan Babel seperti kerupuk, kemplang dan getas ikut memeriahkan ISE di Jakarta Convention Center.

Sumber: 
DKP Babel
Penulis: 
Mutiah
Editor: 
Mutiah