Gubernur Hadiri Pencanangan Gerak PKK KB Kesehatan Provinsi Kep. Bangka Belitung

SEMPAN – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menghadiri pencanangan Gerak PKK KB Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Desa Sempan, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, pada Kamis (12/10/2017) bersamaan dengan pencanangan Bhakti Sosial TNI. Pada saat pencanangan, Gubernur didampingi Bupati Bangka, Tarmizi H. Saat dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Beliting, Hj. Melati Erzaldi, Ketua Kejaksaan Negeri Sungailiat dan beberapa pejabat instansi terkait.

Dengan mengangkat tema  “Melalui Bhakti Sosial TNI, KB dan Kesehatan Kita Sukseskan Program Keluarga Berencana dan Pengendalian Kependudukan Dalam Mewujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang Masyarakat Sehat", Gubernur mengatakan Kabupaten Bangka merupakan salah satu daerah yang berkomitmen terhadap kesehatan masyarakatnya. Salah satu buktinya adalah bahwa Kabupaten Bangka memiliki 3 (tiga) Rumah Sakit dan semua kecamatan memiliki Puskesmas yang telah dilengkapi Rawat Inap termasuk didalamnya pelayanan kesehatan ibu hamil dan anak.

Gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada Bupati Bangka karena telah melayani pasiennya dengan baik. "Saya telah meminta kepada Bupati Bangka agar tetap melayani pasien dengan sebaik-baiknya," ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai salah satu gerakan membangun keluarga dapat tumbuh bersama-sama dengan masyarakat untuk mendorong gerakan keluarga berencana dan bekerjasama dengan Badan Kesejahteraan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Saya yakin dan percaya apabila pemimpin fokus terhadap kesehatan masyarakat, Insya Allah juga mendukung gerakan Keluarga Berencana, karena gerakan Keluarga Berencana menjadi tanggung jawab kita bersama," kata Gubernur. 

Gubernur mengatakan penduduk Indonesia kini telah mencapai dua ratus lima puluh juta jiwa. Salah satu dampak yang muncul adalah pemenuhan kebutuhan pangan. Jika pertumbuhan penduduk tidak dapat dikendalikan dengan baik akan muncul permasalahan baik di desa maupun perkotaan. "Permasalahan penduduk kita coba selesaikan bersama-sama. Kedepan tantangan bidang kependudukan akan semakin tinggi. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada TNI / Polri yang selalu berada di garis depan bersama BKKBN dan Dinas terkait lainnya yang terus menerus memberikan penjelasan kepada masyarakat betapa pentingnya membangun keluarga berencana dalam rangka mengendalikan pertumbuhan penduduk,' ujar Gubernur.

Di akhir sambutan Gubernur berharap dapat bersama-sama mengakselerasi pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga melalui kampung KB dengan harapan dapat mewujudkan keluarga berkualitas. Gubernur juga menghimbau kepada instansi terkait untuk melaksanakan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dan pelajaran kesehatan KB melalui tingkatan yang berjenjang.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Muhammad Anshori