Gubernur Erzaldi Natak Kampung ke Kawasan Mapur

BANGKA-- Berbagai cara dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman membangkitkan kejayaan lada di Negeri Serumpun Sebalai. Kini masyarakat bisa datang ke UPT Pertanian Pelempang untuk belajar mengenai cara menanam lada yang baik.

Menurut Erzaldi, mulai Maret nanti setiap hari masyarakat dapat mendatangi UPT Pertanian Pelempang. Masyarakat bisa mendapatkan pelatihan mengenai cara mengelola perkebunan yang baik dan benar. Pemprov akan menjemput masyarakat yang ingin mendapatkan ilmu namun jumlah masyarakat minimal 25 orang.

"Pemprov menyediakan jasa angkutan, namun untuk makanan beli sendiri. Karena keterbatasan dana, pemprov tidak menyediakan makanan," kata Erzaldi usai salat berjemaah di Masjid Mikrotul Mukminin Desa Mapur Kabupaten Bangka pada Selasa (13/2) dalam kegiatan Natak Kampung.

Menyingung mengenai pemanfaatan hutan, Erzaldi mengharapkan masyarakat mengetahui status hutan tersebut. Sebab di kawasan ini terdapat hutan lindung dan hutan produksi. Masyarakat diharapkan tidak memanfaatkan hutan lindung, sedangkan jika ingin menggunakan hutan produksi harus berkelompok.

"Hutan produksi bisa dimanfaatkan namun dengan cara berkelompok. Masyarakat harus mempunyai usaha yang jelas untuk memanfaatkan hutan produksi jangan sampai masyarakat terganjal aturan hukum," saran Erzaldi yang mantan Bupati Bangka Tengah ini.

Usai berdialog dengan masyarakat, Erzaldi membagikan paket sembako yang telah disiapkan Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sejumlah masyarakat kurang mampu serta lansia di Desa Mapur mendapatkan bantuan tersebut.

Kemudian sekitar Pukul 06.00 WIB, Gubernur Erzaldi melanjutkan kegiatan bersepeda melintasi ruas jalan Mapur hingga ke Tuing. Rombongan sempat berhenti. Antara lain di dekat dermaga nelayan Tuing dan ujung jalan tambang pasir.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adit
Editor: 
Irwanto