DPMPTSP Babel Selenggarakan Rakor Pelayanan Satu Pintu Se-Babel

PANGKALPINANG - Dinas Penamaan  Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Rapat Koordinasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Soll Marina Hotel pada hari Kamis (12/07/2018). 

Rakor yang diselenggarakan dari tanggal 12 hingga 14 Juli 2018 ini bertujuan untuk mengakomodir pelayanan perizinan yang lebih transparan dan akuntabel berbasis sistem informasi  serta menyamakan persepsi dan langkah yang sama antar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Dengan adanya pertemuan ini kita dapat saling mendukung penyelenggaraan pelayanan publik perizinan pada masyarakat. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dan indeks pelayanan publik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ungkap Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik Syahrudin saat membuka Rakor PTSP.

Menurut Syahrudin sejauh ini pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kemudahan usaha atau Ease of Doing Business (EODB). Laporan Bank Dunia menempatkan Indonesia pada peringkat 72 dalam indeks EODB 2018. Dan rangking Indonesia sudah naik 19 peringkat dari peringkat sebelumnya.

"Terkait salah satu indikator EODB berupa kemudahan memulai usaha, Pemerintah Pusat telah mengarahkan kepada pemerintah daerah untuk ikut mendukung hal tersebut yang kita kenal dengan program pelayanan perizinan terpadu satu pintu di tahun 2006," papar Syahrudin.

Sampai sekarang capaian dan penghargaan yang diterima oleh PTSP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah mendapatkan sertifikat ISO, piagam penghargaan dari Ombudsman, nominasi Investment Award 2010 dan mendapatkan penghargaan Nominee Investment Award 2014.

PTSP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan inovasi pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan informasi pemberitahuan bahwa izin telah selesai melalui telephone kepada pemohon secara cepat setelah dokumen izin selesai. Selain itu memberikan Sistem Informasi berbasis web terkait persyaratan perizinan di DPMPTSP Provinsi, selanjutnya DPMPTSP menerapkan sistem jemput bola untuk perizinan pada perizinan SIUP, SIKPI dan SIPI.

Sebanyak 108 jenis perizinan dan non perizinan dari 15 sektor didelegasikan Gubernur kepada Kepala DPMPTSP berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 18 Tahun 2017 pasal 9.

Adapun 15 (lima belas) sektor perizinan tersebut meliputi sektor penanaman modal sebanyak sembilan perizinan, sektor kehutanan sebanyak enam perizinan, sektor perhubungan dua puluh satu perizinan, sektor kelautan dan perikanan sebanyak lima perizinan.

Selanjutnya sektor perindustrian dan perdagangan empat perizinan, sektor kesehatan sebanyak sepuluh perizinan, sektor ketenagakerjaan ada dua perizinan, sektor energi dan sumber daya mineral sebanyak tiga puluh perizinan, sektor pekerjaan umum dan penataan ruang ada dua  perizininan, sektor pertanian, perkebunan dan peternakan sebanyak tiga perizinan.

Sektor lingkungan hidup ada lima perizinan, sektor koperasi dan usaha kecil dan menengah tiga perizinan, sektor perencanaan pembangunan daerah sebanyak satu perizinan, sektor pendidikan empat perizinan serta sektor sosial sebanyak tiga perizinan.

Selain terus melakukan inovasi, PTSP telah memiliki rencana perbaikan dalam peningkatan sosialisasi keberadaan PTSP dan layanan melalui media termasuk ketersedian papan informasi perizinan ditempat umum yang strategis.

Kemudian melakukan peningkatan kesepahaman dan koordinasi antara stakeholder, PTSP dengan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam penyelenggaraan PTSP, meningkatkan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia dalam rangka peningkatan pelayanan perizinan dan selanjutnya  dilakukan pelayanan perizinan secara online yang akan difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika melalui program si cantik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Syahrudin berharap dengan diadakannya pertemuan ini antara DPMPTSP dan PTSP Kabupaten/Kota dapat terus berkoordinasi mengenai permasalahan yang ada di daerahnya supaya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani (Pranata Humas DPMPTSP Babel)
Fotografer: 
Suci Lestari (Pranata Humas Diskominfo Babel)