Babel Tuan Rumah Rakornas Bappeda se-Indonesia

PANGKALPINANG--Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Koordinasi Nasional Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Rakornas Bappeda) seluruh Indonesia yang rencananya akan digelar pada pertengahan April 2018.

Rencana tersebut disampaikan Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Muhammad Hudori.

"Rakornas akan diikuti sekitar 700 peserta yang terdiri dari Pejabat Eselon 1, II, III Kementerian/Lembaga, Kepala Bappeda Provinsi se-Indonesia dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota yang terpilih,” kata Muhammad Hudori saat Rapat Persiapan Rakornas Bappeda Seluruh Indonesia, di Ruang Rapat Pulau Ketawai Kantor Bappeda Kepulauan Babel Senin (12/2).

Untuk tanggal penyelenggaraan Rakornas Bappeda, Muhammad Hudori mengatakan, rencananya akan diselenggarakan antara tanggal 18 sampai 20 April 2018.

"Rakornas akan dilaksanakan antara tanggal 18 sampai 20 April, kita akan sesuaikan lagi dengan jadwal Menteri dan Gubernur," tukas Muhammad Hudori.

Muhammad Hudori menambahkan, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016, Bappeda merupakan perangkat daerah yang merupakan unsur penunjang urusan pemerintahan bidang perencanaan yang menjadi kewenangan provinsi dan kabupaten/kota.

"Dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan di daerah sudah menjadi tugas dan fungsi Bappeda untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan pembangunan di daerah," lanjutnya

Rakornas Bappeda se-Indonesia dilaksanakan untuk memfasilitasi penguatan kelembagaan perencanaan pembangunan daerah dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang sinergis dan terintegratif.

"Dengan dilaksanakannya Rakornas Bappeda diharapkan peningkatan dan pemantapan kelembagaan Bappeda dalam pelenggaraan perencanaan pembangunan daerah," pungkas Muhammad Hudori.

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky Fitrajaya (Pranata Humas Bappeda Babel)
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya (Pranata Humas Bappeda Babel)
Editor: 
Irwanto